My account

SMK COKROAMINOTO 2 MoU Dengan KODIM 0704

BANJARNEGARA, Komandan Kodim 0704/Bna Banjarnegara Letkol Infanteri Dominggus Lopes, S. Sos menjadi inspektur upacara di halaman SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara sekaligus menandatangi MoU pendidikan karakter, Senin (11/11).

Kegiatan pendidikan karakter SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara dengan Kodim 0704/Bna rencananya akan dilaksanakan rutin setiap pekan dilapangan wangon, hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kedisiplinan terhadap siswa dan membentuk karakter siswa yang cinta tanah air.

“Pendidikan adalah
jendela kemajuan bangsa, semakin maju pendidikan di negara indonesia maka akan
semakin maju pula bangsa ini, dari hal ini maka tidak heran musuh-musuh bangsa
indonesia meracuni para siswa generasi penerus bangsa dengan narkoba,
pornografi/aksi dan anarkisme. Dengan adanya pendidikan karakter kita berupaya
untuk membentuk pribadi yang anti terhaap 3 hal itu”. Ujar Letkol Infanteri
Dominggus Lopes, S. Sos selaku inspektur upacara.

 Kepala sekolah SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, Ngusman, S.Pd. meyatakan, pendidikan karakter ini adalah bentuk upaya untuk mencapai visi dan misi sekolah, siswa yang disiplin akan mampu berdaya saing ditatanan masyarakat setelah lulus sekolah, tidak hanya itu siswa yang memiliki karakter baik juga akan dapat membangun pengaruh baik dimasyarakat luas khususnya banjarnegara.

Menurut Kepala Sekolah, Ngusman, S. Pd. generasi muda merupakan elemen penting yang nantinya sebagai perekat kebinekaan sehingga akan tercipta satu wawasan yang sama terhadap Indonesia.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Letkol Infanteri Dominggus Lopes, S. Sos dengan kepala sekolah SMK Cokroaminoto 2 Banjarengara, Ngusman S.Pd di halaman sekolah dengan disaksikan semua dewan guru dan seluruh siswa Cokroaminoto 2 Banjarnegara. Pendidikan ini akan berlaku untuk seluruh siswa, baik siswa kelas X, XI dan XII.  

“Kami memandang MoU
tentang wawasan kebangsaan ini perlu dilakukan sebab generasi muda adalah
pemilik masa depan,”ucap Kepala Sekolah, Ngusman, S. Pd.

https://www.instagram.com/?hl=en

Pameran Hasil Karya Peserta DIdik dan Star Up Bisnis

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto 2 Banjarnegara, sukses  gelar pameran hasil karya peserta didik dan start up bisnis tahun 2020. Kegiatan tersebut diikuti oleh 17 siswa, berlangsung dari tanggal 18  Sampai 23 Desember 2020.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto 2 Banjarnegara, Ngusman, S.Pd mengatakan, pameran hasil karya tersebut merupakan implementasi penerapan program sekolah pencetak wirausaha.

 “Sebenarnya, saat ini banyak siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto 2 Banjarnegara yang sudah aktif berwirausaha. Namun untuk pameran kali ini, sengaja kita batasi hanya 17 peserta, itupun dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya.

Diakuinya, meski di masa pandemi Covid-19. Dan situasi sulit karena belum tahu kapan berakhirnya. Namun, siswa tidak kehilangan semangatnya untuk terus belajar dan berkreativitas.

“Ini bukti, bahwa kami betul- betul serius untuk melaksanakan tugas dan fungsi pendidik. Kami tak pernah berhenti mengajak dan memotivasi siswa untuk terus belajar, belajar, dan belajar,” ungkapnya.

Dia pun mengapresiasi guru yang responsif terhadap kegiatan. Terlebih usai ditetapkannya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto 2 Banjarnegara sebagai sekolah pencetak wirausaha.

Untuk itu, lanjut Kepsek. Pihaknya, langsung membuat rangkaian kegiatan kewirausahaan di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto 2 Banjarnegara.

***Ad

Leave a comment